INISIATIF WARGA UNTUK MELUPAKAN PANDEMI

 Permainan Gasing



siapa yang tidak tahu permainan tradisional tertua bernama gasing atau gangsing, warga indonesia mungkin tidak akan asing dengan permainan tradisional ini.

permainan yang berasal dari nusantara ini adalah permainan yang lumayan tua namun sampai saat ini gangsing masih tetap dimainkan.

permainan gangsing biasanya dimainkan oleh warga dari pelosok atau pedesaan, karena di kota-kota permainan gangsing mungkin akan terlihat asing, namun semakin berjalannya waktu, gangsing yang awalnya terbuat dari kayu kini sudah dapat dibuat dari plastik bahkan besi.

di masa pandemi ini, warga desa yang lebih memperbanyak waktunya untuk bekerja sebagai petani, peternak, pedagang dan lain sebagainya kini memiliki cukup waktu untuk mengingat masa lampau dengan bermain gangsing, salh satunya adalah warga dari desa kembang kerang. kisahnya permainan gangsing ini sudah lama warga desa kembang kerang tidak mainkan, mungkin terakhir kali permainan gangsing ramai ialah sekitar pada tahun 2013, permainan gangsing mulai sepi karena beberapa pemain yang cukup jago mulai sibuk dengan kehidupan mereka, misalnya ada yang pergi merantau ke luar negeri dan kota, ada yang sibuk mengurus rumah tangga dan sebagainya, dan karena semakin berkembangnya teknologi juga, anak-anak didesa kembang kerang lebih memilih game online daripada game tradisional.

karena itu pada akhir tahun 2019 dan beberapa bulan berikutnya virus datang ke indonesia lalu semua kegiatan dilakukan secara daring dan dirumah saja, para pemuda dan warga desa kembang kerang berisnisiatif untuk kembali bermain game tradisional gangsing ini, dan bahkan mereka mengundang warga dari desa lain untuk bergabung dan bertarung didunia pergasingan, salah satu desa yang diundang adalah, desa lendang nangka dan karang baru.

biasanya mereka bertanding pada malam hari, yaitu saat waktu istirahat setelah sholat isya, penontonya tidak bisa dikatakan banyak, tapi cukup untuk meramaikan permainan gangsing itu, dan bahkan saat ini lapangan tempat para warga bermain disembarang tempat telah di transformasi dan dibuatkan khusus arena permainan gangsing, dan saat ini juga arena tempat bermain gangsing sudah ada beberapa didesa desa lainnya. dan bahkan pandemi yang masih diberitakan di tv tidak lagi para warga hiraukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGENAL SUMBER MATA AIR DESA KEMBANG KERANG LAUK

MAULID NABI MUHAMMAD SAW, REMAJA MASJID DI DESA KEMBANG KERANG LAUK MENGADAKAN LOMBA PANJAT PINANG